Pertanyaan yang Sering Diajukan pada Ujian Akhir (Skripsi/Tesis/Disertasi)

Berikut ini saya sampaikan bocoran   ) beberapa pertanyaan yang biasa saya ajukan dalam ujian akhir mahasiswa, baik itu ujian skripsi, tesis maupun disertasi. Tentunya disesuaikan dengan tingkatan ujian itu sendiri. Ujian skripsi tentu jauh lebih ringan dibanding ujian tesis, apalagi disertasi. Moga-moga bocoran pertanyaan yang akan saya sampaikan ini bisa membantu para mahasiswa dalam mempersiapkan diri kalau kebetulan nanti yang nguji adalah saya

PERTAMA, saya akan menanyakan rumusan masalah/isu yang diangkat. Mengapa masalah/isu tersebut merasa perlu untuk diteliti? Sejauh mana masalah/isu tersebut relevan dan signifikan untuk diteliti lebih lanjut? Bagaimana penelitian-penelitian sebelumnya (kalau ada) terkait dengan masalah/isu tersebut? Apa saja yang masih belum tereksplor terkait dengan masalah/isu tersebut pada penelitian-penelitian sebelumnya? Apa saja kontribusi yang akan diberikan oleh penelitian tersebut nantinya bagi dunia akademis dan dunia praktis?

KEDUA, saya akan menanyakan teori yang digunakan untuk menjelaskan masalah/isu yang akan diteliti. Mengapa teori itu yang dipilih dan bukan teori yang lain? Sejauh mana teori tersebut mampu menjelaskan masalah/isu tersebut atau yang terkait dengan masalah/isu tersebut pada penelitian-penelitian sebelumnya? Apa saja kritik yang muncul selama ini terhadap teori tersebut? Apa saja (kalau ada) varian-varian dari teori tersebut?

KETIGA, saya akan menanyakan metodologi/metode penelitian yang digunakan. Mengapa metodologi/metode itu yang digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti? Bagaimana keampuhan metodologi/metode penelitian tsb ketika digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya yang sejenis?

KEEMPAT, saya akan menanyakan hasil penelitian dan analisis peneliti atasnya. Sejauh mana hasil penelitian mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan sendiri oleh si peneliti? Mengapa analisis peneliti terhadap hasil penelitian begini dan tidak begitu?

KELIMA, saya akan menanyakan kelemahan penelitian yang ditemukan oleh si peneliti, kenapa kelemahan tersebut bisa muncul? Benarkah kelemahan penelitian tersebut tidak bisa ditanggulangi oleh si peneliti? Selain itu saya juga akan menanyakan kontribusi penelitian yang berhasil diidentifikasi oleh peneliti, apakah benar penelitiannya memberi kontribusi yang signifikan bagi ilmu pengetahuan dan dunia praktis?
Itu saja hal-hal yang akan dan selalu saya tanyakan ketika saya jadi penguji ujian akhir mahasiswa. Trust me, hanya itu, tidak akan melebar kemana-mana. Dan bagi mahasiswa yang mampu menjawabnya dengan baik, maka SELAMAT, ANDA PASTI LULUS!

Sumber: Noval Adib

One Response to “Pertanyaan yang Sering Diajukan pada Ujian Akhir (Skripsi/Tesis/Disertasi)”

  1. Ansori says:

    Terima kasih postingannya, cukup bermanfaat.

Leave a Response

CAPTCHA Image
*